Monday, May 11, 2015

Shalawat Ibrahim, Secuplik Kisah Ketaatan Seorang Istri

Tadi malam ketika membaca Shalawat Ibrahim rame-rame, ketika sampai lafadz:

Sepertimana Allah telah selamatkan ke atas Sayidina Ibrahim dan ahli keluarga Sayidina Ibrahim.

Tiba-tiba saya langsung teringat Ibunda Siti Hajar. Ya, saya memang memiliki satu kesan tersendiri terhadap sosok beliau. Kesan saya terhadap beliau mungkin bisa diwakili dalam sepenggal paragraf berikut ini:

Ketika Nabi Ibrahim a.s ingin meninggalkan tempat itu, Siti Hajar mengikutinya sambil bertanya kepada suaminya mengapa dia ditinggalkan sendirian di situ. Namun Nabi Ibrahim a.s tidak mengindahkannya. Akhirnya Siti Hajar bertanya, “Apakah Allah yang memerintahkan agar aku ditinggalkan di sini?” Nabi Ibrahim a.s, menjawab, “Benar wahai isteriku.” Mendengar jawaban itu, Siti Hajar dengan hati yang beriman kepada Allah berkata, “Kalau begitu, sudah pasti Allah tidak akan mensia-siakan kita.” Dia yakin, pasti akan ada pembelaan dari Allah, Tuhan yang Maha Baik itu. Tinggallah Siti Hajar di situ sendirian ditemani si anak kecil. (sumber: Kisah Nabi Muhammad saw )
Ya, Allah telah selamatkan Nabi Ibrahim dan ahli keluarga Nabi Ibrahim. Segala bentuk ujian telah berhasil dilewati dengan nilai tertinggi. Di antara sekian banyak ujian yang harus dihadapi oleh Siti Hajar adalah ditinggalkan di tengah lembah gersang hanya ditemani seorang bayi.

Siti Hajar ini istri ke dua dalam keluarga poligami Indah Nabi Ibrahim. Beliau sangat taat kepada suaminya meskipun "seolah-olah dibuang". Keyakinannya terhadap Allah yang begitu kental membuatnya mampu menepis segala prasangka buruk kepada suaminya. Beliau begitu yakin bahwa Allah bersamanya. Beliau yakin bahwa tidak ada yang sia-sia dan setiap perkara pasti ada tujuannya. Suami beliau seorang Nabi yang mana seorang Nabi tidak-lah bertindak karena dorongan hawa nafsunya tetapi wahyu dari Tuhan. Apabila wahyu, pastilah ada yang hendak diperjuangkan.

Rupa-rupanya, beliau terpilih sebagai seorang wanita yang membuka kota Mekah yang sampai saat ini terus dikunjungi oleh umat Islam sedunia tanpa henti-hentinya.

Balik ke shalawat Ibrahim, di penggal pertama disebutkan:

Ya Allah selamatkanlah ke atas Sayidina Muhammad dan ahli keluarga sayidina Muhammad
 Nah, itulah yang Rasulullah saw ajarkan kepada kita supaya kita mendoakan perjuangan Rasulullah saw dan ahli keluarganya. Perlu di ingat, ahli keluarga Nabi Muhammad saw masih terus berjuang hingga akhir zaman ini. Semoga mereka Allah selamatkan sebagaimana ahli keluarga Nabi Ibrahim diselamatkan.







No comments:

Post a Comment