Tuesday, April 15, 2014

Sayur Lodeh dan Ibunda, Al Fatihah

Pagi tadi sengaja beli sayuran untuk bikin sayur lodeh. Niat hati menyelamatkan tempe yang lupa diolah. Di kampung saya, tempe 'expired' itu disebut 'tempe bosok'. Kalau lihat penampakannya, rata2 orang hilang selera. Tapi rupanya masih bisa dimanfaatkan untuk memberi aroma khas pada sayur lodeh.

Waktu di kampung, sayur lodeh termasuk menu yang sering ibu buat. Apalagi kalau ada tempe yang lupa diolah sehingga jadi busuk.



Oke, akhirnya saya gugling resep untuk membuat sayur lodeh. Tara...dapat disini:

http://caramembuat-masakan.blogspot.com/2013/01/resep-cara-masak-sayur-lodeh.html?m=1

Sedikit saya modif, tempenya pake tempe 'expired' dan tidak pakai terasi soalnya di dapur baru kehabisan terasi serta ngak pake vetsin.

Nah, begini penampakan hasilnya.



Begitu saya makan, sesuap demi sesuap saya jadi teringat mendiang ibu saya. Rasa sayur lodeh ini langsung mengingatkan saya pada sosok ibu. Ibu yang telah menjaga saya ketika dahulu saya tidak bisa bisa apa-apa. Ibu yang mencurahkan kasih dan sayangnya kepada anak- anaknya. Semoga Allah balas jasanya, melapangkan kuburnya dan selamatkan beliau di alam sana. Al fatihah.

Foto perjumpaan terakhir dengan ibunda, sedang menyuapi Aisyah, anak kedua saya.


No comments:

Post a Comment