Wednesday, April 16, 2014

Gulai Daun Singkong Teri Medan dan Ayam Bumbu Bali

Daun singkong memang sedap di masak gulai. Berikut resep yang sering saya buat. Takaran masih belum terstandarisasi. Masih mengandalkan feeling.



Bahan:

Daun singkong
Teri medan
Daun salam

Bumbu:

Bawang putih
Bawang merah
Jahe
Laos
Kemiri
Terasi bakar
Cabe merah keriting

Kemarin gara2 lihat hidangan ayam bumbu rujak waktu meeting di simprug, menjadikan inspirasi kalau bumbu yang dihaluskan akan terasa lebih sedap bila diblendernya tidak terlalu halus. Ditumbuk atau diuleg memang paten sedapnya, cuma capek hehehe.



Nah, lihat di dapur rupanya punya blender yang biasa digunakan untuk mencincang bumbu. Bumbu yang dihaluskan dengan cara dicincang kasar menurut hemat saya mampu menghasilkan rasa yang lebih kuat bila dibanding diblender halus. Penguat rasa sengaja tidak saya tambahkan karena saya suka yang alami dan lebih natural rasanya :)



Kelihatan kan cincangannya cukup kasar ya...boleh dikatakan mirip2 dengan diuleg. Kalau diuleg memang mantap. Tapi ya itu, capek hehehe.

Hari ini saya juga mencoba membuat menu baru, ayam goreng bumbu bali. Saya ambil resepnya dari link ini:

http://resep-komplit.blogspot.com/2013/01/resep-membuat-ayam-bumbu-bali-lezat.html?m=1

Seperti biasa, resepnya saya modifikasi sedikit sehubungan memanfaatkan bahan2 yang tersedia di dapur.

Kaldu blok tidak saya pakai. Lengkuas tidak saya memarkan tapi ikut dicincang kasar. Daun jeruk purut juga ngak saya pakai karena stok daun jeruk purut lagi kosong di dapur.

Beginilah hasilnya. Lumayan juga ayam dimasak bumbu bali. Bisa untuk variasi olahan ayam.







No comments:

Post a Comment