Sunday, August 9, 2015

Global Ikhwan Jadi Bagian Kesultanan Palembang Darussalam

Satu sejarah baru perjuangan Islam telah tercatat di Palembang. Ya....setelah sekian lama difitnah, dihina, dan disesat-sesatkan, pada hari Sabtu 8 Agustus 2015, Global Ikhwan mendapat pembelaan dari Allah SWT. Atas kehendak Sultan Palembang sendiri, Global Ikhwan dikukuhkan menjadi bagian dari Kesultanan Palembang.

SMB III Prabu Diradja (kiri) foto bersama tamu undangan usai melantik Global Ikhwan menjadi bagian dari Kesultanan Palembang Darussalam, Sabtu (9/8/2015).  [courtesy: SRIPOKU.COM/REFLI PERMANA]

 Berikut liputan Media:

Video Kesultanan Palembang Darussalam Kukuhkan Guguk Global Ikhwan Sedunia


Laporan Wartawan Tribun Sumsel, Hartati

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Kesultanan Palembang Darussalam melakukan pengukuhan Guguk Global Ikhwan Sedunia di istana Kesultanan Palembang Darussalam oleh Sultan Mahmud Badaruddin III Prabu Diraja di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (8/8/2015).

Sebanyak 24 zona guguk Global Ikhwan dari 42 zona dikukuhkan menjadi tumenggung dari masing-masing zona.

Mereka disumpah patuh dan mengharumkan nama Kesultanan Palembang Darussalam untuk melaksanakan visi misi global ikhwan, serta mempererat silaturahmi antar guguk.

Hadir pula beberapa guguk perwakilan dari negeri tetangga seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Brunai Darussalam, Tiongkok, Singapura, dan berbagai perwakilan guguk Indonesia dari berbagai provinsi dan kota.

Pengukuhan guguk dilaksanakan dengan rangkaian tradisi adat mulai dari pembukaan hingga pemberian gelar pada masing-masing guguk sesuai perannya dan pengabdiannya selama ini, dilanjutkan dengan penutupan berfoto bersama seluruh guguk yang dikukuhkan. (*)


Global Ikhwan Jadi Bagian Dari Kesultanan Palembang




SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kelompok Global Ikhwan yang tersebar di berbagai dunia kini resmi menjadi bagian dari Kesultanan Palembang Darussalam sejak Sabtu (8/8/2015).

Tercatat, 24 zona Global Ikhwan dari total 40 zona kini sudah resmi menjadi bagian Kesultanan Palembang Darussalam dengan dilantik langsung oleh Sultan Machmud Badaruddin (SMB) III Prabu Diradja.

Dikatakan Datuk Raja Ibadiasy Syakur selaku pimpinan Global Ikhwan zona Sumsel, acara pengukuhan yang baru saja usai digelar ini dilakukan secara insidentil.

Dengan kata lain, tidak terencana terlebih dahulu dan murni atas kehendak sultan sendiri.
Mereka yang datang dari luar negeri sudah datang beberapa hari sebelum acara digelar dengan mendapat undangan langsung dari sultan.

"Seperti yang kita ketahui, sultan memiliki banyak relasi di luar negeri dan tentunya menjalin hubungan akrab dengan kelompok Global Ikhwan yang tersebar di beberapa negara.

Mereka yang sudah menjadi bagian dari Kesultanan Palembang Darussalam diundang untuk datang dalam acara pengukuhan ini," kata Ibadiasy.

 Dilanjutkan Ibadiasy, selain pengukuhan bahwa 24 zona Global Ikhwan bagian dari Kesultanan Palembang Darussalam, SMB III Prabu Diraja juga melantik masing-masing perwakilan dari 24 zona itu untuk menjadi temenggung.

Dijelaskan Ibadiasy, temenggung merupakan gelar untuk masing-masing pemimpin di masing-masing zona.
Mereka ditetapkan menjadi temenggung karena dinilai paling memiliki peran dalam menyebarkan agama Islam di masing-masing zona.

Prabu Diraja Sematkan Gelar Datuk Pada Puluhan Orang

Suasana pemberian gelar datuk di rumah Kesultanan Palembang Darussalam.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sultan Mahmaud Badaruddin III, Prabu Diraja memberikan gelar datuk kepada sekitar 24 orang di rumah kesultanan Palembang Darussalam, jalan Sultan Mahmud Mansyur Palembang, Sabtu (8/8/2015) pagi.

Pengukuhan ke 24 datuk tersebut berasal dari Global Ikhwan yang tersebar di seluruh negara, India, Malaysia, Singapura dan lain-lain.

Sebelum pengukuhan pemberian gelar datuk, terlebih dahulu sudah dilakukan guguk Global Ikhwan.


No comments:

Post a Comment